Tips Agar Komputer Selalu Segar

Beberapa hal dapat menjadikan komputer menjadi lebih buruk. Hal-hal yang membutuhkan waktu sehari saja, namun dapat membuat penat berminggu-minggu untuk mengerjakan pekerjaan. Ini karena sistem operasi juga membutuhkan waktu untuk mengenali perubahan dan ada kebutuhan untuk menginstal pembaruan. Kadang-kadang, memutuskan sambungan benar-benar buruk sehingga mungkin perlu untuk secara efektif nuke dan mulai menginstal bersih sebagai segar.

Perawatan umum dengan komputer dapat dihindari dengan beberapa tips tentang komputer pemeliharaan itu sendiri. Sangat penting menjaga komputer selalu di keadaanprima. Ada kebutuhan pemeliharaan Hardware dan kelancaran kinerja komputer, sehingga gangguan semacam virus bisa dihindarkan. Berikut beberapa tips untuk menjadikan komputer bisa berjalan dengan optimal:

Tips untuk menjaga software komputer diantaranya:

Periksa setidaknya sebulan sekali untuk pembaruan dari software dan pastikan pemasangan yang benar. Jika mebiarkan begitu saja update software kita, komputer akan menjadi rawan untuk peretasan, terutama disaat online. Atur jadwal setiap bulan untuk mengupdate sistem software terbaru.

Selalu  laporankan ke sistem jaringan software yang kita gunakan untuk mengidentifikasi data dengan aktivitasnya kita curigai. Otomatiskan update software sehingga proses backup data akan mengirim mendapatkan setiap hari, dan akan memberi tahu kita tentang  pembaruan yang terbaru.

Jika kita bekerja dengan sebuah tim, maka ingatkan selalu rekan kkerja kita untuk selalu update software terbaru . Mengganti ataupun memperbarui software sebaiknya harus tepat waktu. Kegagalan untuk memperbarui membuat PC terbuka untuk peretas dan virus untuk mengambil keuntungan. Perbarui definisi firewall dan virus agar berfungsi dengan semestinya. Gunakan pencadangan online untuk pemulihan dan pemeliharaan data dengan teratur.

Tips untuk pemeliharaan hardware kita diantaranya:

Lakukanlah pembersihan rutin semua di komputer kita. Bersihkan selalu kotoran dan debu agar komponen dan kipas-kipas di komputer kita tidak macet. Gunakan semprotan udara ataupun kuas cat yang masih bersih untuk membersihkan debu.

Pastikan perangkat keras yang tepat digunakan. Perlambatan jaringan pasti terjadi dengan seiring waktu menggunakan hardware yang bisa dikatakan sudah ketinggalan jaman. Selalu simpan perangkat keras Anda di tempat yang kering dan aman untuk mencegah kehilangan data atau rusak karena ada bencana banjir.

Jaga ruang kosong yang memadai. Ini karena jika ruang disk penuh, komputer akan menjadi lama atau mungkin akan selalu “not responding”, yang akan mengganggu komputer itu sendiri. Kosongkan ruang dan pindah ke akun cadangan cloud file yang diarsipkan. Putuskan sambungan perangkat keras yang tidak kita perlukan  dan pastikan firewall yang diperlukan melindungi semua dari komputer kita saat menggunakan jaringan online semisal di tempat publik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *